Rss

Sunday, July 28, 2013

Manfaat Bermain Video Game






"Game adalah  perusak mental orang. Game hanya membuat orang jadi bodoh".
Statement inilah yang sering di lontarkan oleh kebanyakan orang, terlebih lagi para orang tua atau guru sekolah.

karena Statement inilah saya mencoba melakukan penelitian.


dan hasilnya "Sebenarnya game memiliki banyak manfaat bagi seseorang"


Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak-anak

 Game dapat meningkatkan motorik??
tentu saja. Menurut penilitian dari Deakin University, Melbourn Australia, anak-anak pra-sekolah yang bermain video game di TV akan memiliki kemampuan motorik terhadap Object-object yang lebih baik dari pada yang tidak.

 Object-object yang menjadi bagian game tersebut akan membuat anak-anak melatih daya motorik mereka dengan mengkoordinasikan pergerakan Tombol atau Controller dengan Object tadi.

Contoh Game yang melatih motorik adalah game-game yang Intraktif, casual, dan Rythim.





http://mmohuts.com/wp-content/gallery/osu/osu-orange.jpg?ec9f9b
OSU!! game Rythim Casual yang keren
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh65sDUQ2LS4wK6adz2NlLUZF0wTEjOpTqTrm3HGP0rSmVhmJUi4SvOm8BlXuV8iAO-pxjiYTUhUJp6mdRA0pZANiEMZpq3nRKN4ma16VlBKelXzTYIAZhVgZ3KfFrlwOix31R4BJoHPyc/s320/3.JPG
Go Dance..!! game Rythim Simulation yang asik














Game Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Kecepatan Berfikir atau Pengambilan Keputusan

 Game dapat meningkatkan Konsentrasi dan melatih kecepatan berfikir. Hal ini di tunjukkan dalam banyak game. Game memiliki sebuah istilah yang bernama "processing State". Processing state adalah sebuah situasi dimana Player memproses sebuah kondisi yang di dalam game dan selanjutnya memikirkan aksi yang akan dia lakukan atau yang disebut pengambilan keputusan.

 Semua game pasti memiliki "processing state".Dimana game akan membuat kita selalu masuk dalam sebuah processing State , sehingga Otak akan berkerja mengelola mulai dari kondisi sampai aksi. Hal inilah yang membuat kebanyakan gamer bisa dikatakan cepat tanggap dalam suatu hal, karena mereka terbiasa berada dalam situasi pengambilan keputusan.

game FPS dapat melatih kemampuan dan kecepatan Otak

 Selain Hal itu ada juga beberapa genre Spesifik yang benar" meningkatkan daya Konsentrasi...
Hal ini bisa kita liat di banyaknya game ber-genre Puzzle, Mystery, RPG, dsb. Game ini kebanyakan berpusat pada permainan Otak dan daya fikir. Dan jelas sudah pasti game ini bisa meningkatkan daya konsntrasi dan Berfikir kita


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPHKeB2CBvg_yX62brfnbLvyEElff-Dtx1GKb6qgC923xeBw1OteLagCL3udFGH8VOwvAHFd08KpMZRLJrCPM_eWf85okP9J0azfcXJYzDfTCqn8YaRpBLvYIo4MsGbTLO3icqak_9fhg/s320/hoyleb22.jpg
Game Puzzle Melatih Konsentrasi


Mengurangi Stress, Depresi, dan Meningkatkan Rasa Senang

 2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine menemukan bahwa gamers yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi, dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan bermain video game.

  Studi ini memberikan hipotesis bahwa permainan tertentu akan memungkinkan mereka menghindari tingkat stress tertentu. Sehingga membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

  Selain itu Game  dapat meningkatkan Emosi Senang, sehingga dapat meningkatkan gairah dan semangat seseorang. Para peneliti dari North Carolina State University meneliti hubungan antara bermain video game dengan kesejahteraan mental. mereka memaparkan bahwa, “Mereka yang senang bermain video game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, sedangkan yang tidak bermain video game justru terdapat emosi negatif seperti depresi."

  Game-game tentunya di tujukan untuk hal ini.... beberapa game yang saya suka mainkan saat stress :

Game Kesukaan Saya. Sangat Lucu dan melatih konsentrasi

PARAMPAA...
pertanyaan Game ini biasa bikin saya ketawa


 Meningkatkan Penglihatan Anda
 
  Anda mungkin sering mendengar bahwa duduk telalu lama di depan TV tidak baik untuk mata. Tapi ada psikolog perkembangan Visual Development Lab of Ontario's McMaster University dr. Dephen Maurer dari menemukan hasil yang berbeda.

  Ia mengungkapkan orang yang menderita katarak dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan bermain game tembak-tembakan seperti Medal of Honor dan Call of Duty. Permainan itu membutuhkan jumlah perhatian, pelatihan, dan adrenalin yang tinggi.

Call Of Duty

 
Melatih Kesabaran, Mental, Kekompakan, dan Mengorganisir

  Game juga dapat melatih kesabaran kita. Dalam game kita harus bersabar dalam memainkan atau menaikkan Level kita.
  
  hal ini juga terjadi pada Mental, kekompakan dan mengorganisir. Dalam game kita juga akan di latih mental. kekompakan dan kemampuan mengorganisir. Hal ini bisa di liat dari game" RPG, dimana karakter kita memiliki stat yang harus kita Organisir.

salah satu contoh game yang melatih kesabaran, kekompakan, mental, dan Organisir :

Dragon Nest. game MMORPG ini sangat bagus untuk di mainkan.
    Nah gimana???

    Game juga Memiliki manfaatkan... :3 (yeaaay)

    Sebenernya Main Game itu bagus banget,,, cuma Terlalu banyak bermain game juga gak bagus..
    Karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik..

   Jadi para Guru atau Orang tua mestinya Tau-lah membrikan Game mana yang baik dimainkan dan Tidak.
   Serta batasan Waktu-nya....

So, Well Done,,, 

Bagi yang mau protes silahkan Protes ke sini aja  harun Muhammad
Sekian Dulu....... See You.....


0 comments:

Post a Comment